"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Jumat, 27 November 2015

KEANEKARAGAMAN BURUNG INDONESIA : BURUNG TUNA TERBANG

Spesies Burung di Indonesia beraneka ragam, dari yang berukuran kecil sampai yang berukuran besar (Burung Kasuari). Habitatnya menyebar di seluruh wilayah Kepulauan Indonesia terbentang melintas wilayah perairan yang luas dan terbagi dalam 3 wilayah zoogeografis dengan ciri Asiatis (P.Sumatera,P.Jawa,P.Kalimantan,P.Bali) berciri peralihan (Sulawesi , Nusa Tenggara, Maluku) dan berciri Australis (Papua dan Kep.Aru). Ada Burung yang terbang sampai bermil-mil km menjelajah antar pulau di Indonesia dan ada yang tidak bisa terbang (Tuna terbang).
    Salah satu burung Tuna Terbang yang unik adalah Ayam Merak, Burung ini hanya dapat di jumpai di P.Jawa, di Taman-taman Nasional Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) Anehnya burung ini tidak ditemukan di P.Sumatera dan P.Kalimantan yang lebih luas wilayahnya. Sedangkan di Benua Asia burung ini ditemukan di Asia Selatan, Asia Tenggara dan Asia Timur. Ayam Merak Jawa sudah sangat sulit ditemui di hutan-hutan non konservasi, hutan jati dan hutan-hutan produksi.Merekabisa ditemukan di padang rumput TN Ujung Kulon, TN Baluran dan TN Meru betiri. Yang jelas populasinya sangat terbatas, apabila tidak diberikan perlindungan yang ketat Indonesia akan kehilangan Jenis Burung yang indah ini.
    Burung tuna terbang lain yang ditemukan berukuran besar dan cukup berbahaya sepakannya adalah Burung Kasuari yang dapat ditemukan di Papua, Papua barat, Maluku Utara dan Maluku. Burung Kasuari juga menjadi kebanggaan Indonesia karena tercatat sebagai Burung berukuran Raksasa di dunia selain Burung Unta di Afrika. Oleh karena itu upaya pelestarian dan perlindungannya juga harus diperketatlagi
    Berikut ini disajikan jenis Burung Tuna terbang dan burung Eksotis lain yang ditemukan di wilayah Indonesia.
Burung Kuntul
Burung Puyuh Tanah
Burung Bangau Kecil
Burung Bangau air
Burung Dara Mahkota
Burung Dara Mahkota Biru
Burung Gemak Loreng
Itik Gunung Papua
Burung Kasuari Gelambir Tunggal
Burung Kasuari Kerdil
Burung Kuau Kerdil Kalimantan
Burung Mambruk Selatan
Burung Mambruk Umbiat Papua
Burung Maleo
Mentok Rimba
Heron Keramba Kalimantan
Burung Puyuh Gonggong
Ayam Hutan Betina

Angsa Hitam
Ayam Hutan Hijau
Ayam Merak Jawa
Ayam Hutan Merah
Burung Bangau Hitam
Kelompok Burung Bangau Petulu
Kelompok Bangau Alue Naga Aceh
Burung Bangau Hijau
Burung Bangau Tong Tong
Kelompok Burung Blekok
Mentok
Bebek
 Burung kuau Sumatera
Keindahan Kuau menjadi maskot Provinsi Sumatra Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.