"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 23 November 2015

PRIMATA INDONESIA : UNIK DAN BERAGAM

    Primata Indonesia dikelompokan menjadi dua macam, yaitu kelompok Kera (Ape) dan Monyet (Monkeys). Dari 4 Jenis Ape di dunia, 2 diantaranya ditemukan di Indonesia yaitu Orang Utan dan Gibon. Orang Utan Indonesia dijumpai di Pulau Kalimantan berbulu lebih tebal dan berwarna coklat , populasinya sekitar 5000-10.000 ekor dan ditemukan di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sedangkan Orang Utan di Sumatera berbulu merah, populasinya lebih sedikit dan hanya di jumpai di Taman Nasional Gunung Leuser perrbatasan Provinsi Nangroe Aceh Darusalam dan Sumatera Utara.Gibon adalah jenis kera tak berekor yang dapat ditemukan di Pulau Jawa, P.Sumatera, P.Kalimantan, Kepulauan Mentawai dan P.Nias. Mereka dikenal dengan sebutan Owa Jawa, Siamang,dan Wau wau.
    Monyet di Indonesia terdiri atas bermacam jenis, namun yang populasinya paling banyak dan kadang dianggap hama adalah Monyet ekor panjang, jumlah populasinya diperkirakan lebih dari 500.000 ekor. Sedangkan jenis lainnya adalah Beruk, Bekantan, Monyet Hitam sulawesi, Lutung dan lain-lain. Berikut ini adalah sebagian foto Primata yang ditemukan di Indonesia.
Lutung Jawa
Bekantan (Monyet Hidung Panjang/monyet Belanda)
Beruk
Kukang
Tersius (Binatang Hantu)
Monyet Kedih Sumatera Utara
Monyet Hitam Sulawesi
Monyet Ekor Panjang Sumatera
Siamang
Kuskus Beruang Sulawesi
Kuskus Beruang Maluku
Kuskus
Owa Jawa Kelabu
Siamang Sumatera
 
Lutung
Orang Utan Kalimantan
Monyet Ekor panjang
Orang Utan Merah Sumatera
Simpai Mentawai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.