"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 17 Agustus 2013

PIRANHA : IKAN KARNIVORA DARI AMAZONE

  
    Piranha adalah nama ikan air tawar bergigi tajam yang hidup di danau dan sungai di sebagian besar wilayah Amerika Selatan. Piranha berasal dari famili Characidae. Meskipun berukuran kecil tapi piranha terkenal dengan kebuasannya sebagai pemakan daging (karnivora). Bila ikan ini masuk ke perairan lain, mereka dapat memangsa ikan setempat.


 Piranha Merah dari Amazone
 Kawanan Piranha Merah

    Ada sekitar 25 spesies piranha. Spesies yang terbesar dapat tumbuh sampai 38 cm. Piranha bertubuh padat dan sisi tubuhnya berbentuk pipih. Rahangnya pendek dan kuat serta dilengkapi dengan gigi seri yang tajam. Sebagian besar piranha berwarna cokelat zaitun sampai biru hitam dengan perut merah atau oranye. Spesies piranha yang umum adalah piranha merah (Pygocentrus nattareri) Piranha merah berasal dari sungai Amazone, Amerika Selatan. Tubuhnya dapat mencapai panjang 30 cm. Punggungnya berwarna cokelat zaitun, sisi-sisinya cokelat muda dan banyak bintik perak cemerlang di tubuhnya. Perut dan pangkal siripnya berwarna merah darah, sedangkan sirip punggung dan sirip dubur berwarna hitam. Satu di antara spesies terbesar lainnya yaitu piranha putih (serrasalmus rhombeus). Piranha putih juga berasal dari sungai Amazone. Tubuhnya berwarna zaitun hingga keperak-perakan dengan bercak-bercak gelap tak teratur.
Serangan buas kawanan Piranha
Bau Darah
    Makanan piranha adalah ikan, mamalia, reptilia, burung bahkan manusia. Piranha juga dikenal kanibal. Ikan ini sangat tertarik pada bau darah, sehingga satu gigitan saja pada mangsa akan menarik ratusan anggota kawanan piranha lainnya ke tempat yang sama. Biasanya Piranha berenang sendirian dan mmangsa ikan-ikan yang lebih kecil. Kadang-kadang mereka berenang dalam kelompok. Sekelompok piranha dapat menyerang hewan yang lebih besar dan mencabik-cabik dagingnya. Namun piranha termasuk ikan yang pemalu. Biasanya mereka bersembunyi di gua kecil atau celah-celah dan keluar kalau ingin makan. Piranha lebih menyukai makanan hidup. Dalam jumlah banyak, ikan ini dapat menyerang apa saja yang bergerak dalam air, namun bila sendiri atau berdua, ikan ini menjadi pemalu dan takut sehingga akan diam. Piranha dapat menyerang secara intensif bila dirangsang oleh kehadiran piranha lainnya.
 Kawanan Piranha Biru

Perkembangbiakan
    Pada perkembangbiakan piranha selama masa pemijahan (pelepasan sel telur dan sperma untuk pembuahan), bagian bawah badan piranha jantan memperlihatkan warna merah cerah. Telur hasil pembuahan diletakkan pada tumbuhan air dan dijaga induknya. Pada saat menjaga telur-telurnya induk piranha tampak lebih garang. Sesudah menetas, anak piranha akan bersarang di dasar perairan yang berpasir.
Piranha Putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.