"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 28 Juni 2017

DANAU : BENTANG ALAM PERAIRAN DI DARATAN

    Danau adalah kumpulan air luas yang dikeliingi daratan. Danau terdapat hampir di seluruh pelosok bumi. Ada danau yang terletak di kawasan sangat tinggi dan ada pula di bawah ketinggian permukaan laut. Sejumlah besar danau terletak di kawasan yang pada masa silam tertutup gletser. Di kawasan pegunungan, aliran gletser mengikis tanah hingga tercipta lembah dalam yang kemudian terisi air. Di daerah yang tidak bergunung, gletseir membuat celah di tanah dan menggenanginya ketika mencair. Kawasan lain yang memiliki banyak danau adalah daerah yang terletak di lapisan batu kapur. Di daerah batu kapur, air bawah tanah lambat laun mengikis bebatuan hingga merengkah dan permukaan atasnya anjlok hingga terbentuk celah besar yang menjadi danau setelah terisi dengan air.
Animasi Danau di Taman Nasional Yellow Stone, Amerika Serikat
Air Danau
    Sebagian danau terisi dengan air sungai dan aliran air pegunungan. Danau lain tampaknya tidak memiliki aliran air masuk, tetapi hanya terisi dengan mata air atau sungai bawah tanah. Bahkan ada danau yang memiliki pasokan air, namun tidak memiliki aliran pembuangan, misalnya danau Great Salt Lake di Utah, Amerika Serikat.

Danau Mati
    Danau yang kini masih ada pada suatu ketika bisa saja menghilang atau mengering karena perubahan cuaca atau perubahan aliran air yang menggenanginya. Letusan gunung api dan gempa bumi bisa mengubah permukaan daratan di seputar danau dan menyebabkan danau mengering. Dengan kata lain, danau bisa saja mati atau kering karena airnya tersedot ke himpunan air lainnya.

Habitat Danau
    Dalam danau tercipta dunia flora dan fauna sendiri. Ada tumbuhan di bawah permukaan air, ada yang berakar di dasar danau, dan ada pula yang mengambang. Vegetasi ini menjadi sumber makanan bagi hewan air, seperti serangga air, siput, penyu dan ikan. Danau juga menjadi habitat berbagai jenis burung seperti itik, belibis, angsa dan flamingo. Bagi hewan darat, danau juga menjadi sumber air minum dan makanan.
Animasi Danau Gunung Matterhorn Swiss
Manfaat Danau
    Adanya danau besar di suatu wilayah mempengaruhi kehidupan penduduk di sekitarnya. Danau berpengaruh pada cuaca yang mencakup kawasan luas. Pada musim panas, udara di sekitar danau tidak sepanas di tempat lain karena angin yang bertiup di permukaan danau membawa udara sejuk. Pada musim dingin danau tidak begitu cepat dingin seperti daerah lain serta menciptakan udara yang lebih hangat. Selain itu, dapat digunakan untuk irigasi pertanian, air minum, pembangkit listrik dan rekreasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.