"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 01 Januari 2017

PAUS : MAMALIA TERBESAR DI MUKA BUMI

 
Kelompok Paus Pembunuh
 Paus adalah mamalia air yang termasuk ordo atau bangsa Cetacea. Para ilmuwan menggolongkan paus menjadi dua subordo, yaitu Odontoceti (paus bergigi) dan Mysticeti (paus berumbai). Hewan ini mempunyai panjang tubuh yang berkisar 2-30 m dan berat mencapai 200 ton. Salah satu spesies paus, yaitu paus biru (Balaenoptera musculus), merupakan salah satu hewan terbesar di bumi. 

Paus Pembunuh
    Seperti mamalia lainnya, paus merupakan hewan homoiotermal atau berdarah panas. Ia mempunyai kemampuan untuk mengatur temperatur tubuhnya sehingga tidak dipengaruhi oleh temperatur air di sekitarnya. Tubuh paus dilapisi oleh lapisan lemak atau lipida tebal yang terletak di bawah kulitnya. Lapisan lemak tersebut berfungsi sebagai pelindung tubuh dari temperatur air yang dingin, penahan panas tubuh, dan pendukung daya apung.

Paus Bungkuk
Nostril
    Paus bernapas dengan menggunakan paru-paru. Hewan ini tidak menghirup udara melalui mulut, tetapi melalui nostril atau lubang sembur. Lubang yang terletak di bagian ataskepala ini dikendalikan oleh kontraksi otot. Tidak seperti mamalia lainnya, saluran pernapasan pada paus terpisah dari saluran makanan. Oleh karena itu, paus dapat makan dan bernapas pada saat bersamaan.

Paus Biru
Ekolokasi
    Beberapa jenis Paus, terutama Odontoceti, memiliki kemampuan ekolokasi, yaitu penentuan jarak dengan menggunakan gema atau rambatan bunyi. Paus dapat mengeluarkan gelombang suara yang dikeluarkan dari salah satu organ tubuhnya. Gelombang tersebut akan terpantul kembali setelah membentur obyek atau benda padat. Pantulan gelombang suara ini berfungsi sebagai sonar yang dapat mendeteksi keberadaan predator dan mangsa.

Paus Sperma (Koteklama)
Balin
    Odontoceti atau paus bergigi umumnya memangsa ikan dan cumi-cumi. Bahkan paus pembunuh (Orcinus orca) memangsa anjing laut dan paus foaena . Odontoceti merupakan pemburu yang andal dalam menyergap mangsanya. Contoh spesies dari Odontoceti antara lain paus sperma (Physter catodon), paus monodon (Monodon monoceros) dan paus hidung botol (Hyperoodon rostratus).
Paus Benar
    Mysticeti atau paus berumbai mencakup semua paus besar, seperti paus biru (Balaenoptera musculus), paus kelabu (Eschrichtius gibbosus), dan paus bongkok (Megaptera novaeangliea). Kelompok ini mempunyai balin (rumbai-rumbai dari bahan tanduk) yang tergantung seperti tirai di rongga mulut. Pada saat berenang, mulut paus terbuka sehingga plankton dan ikan-ikan kecil akan tersaring pada bagian balin.

Semburan Paus
    Setelah menyelam, paus muncul ke permukaan untuk menghembuskan udara hangat dan lembab dari paru-parunya. Hidungnya (lubang penyemprot) terletak di atas kepala yang memungkinkannya langsung menyemprot (bernafas) bila sampai di permukaan air.
Jenis Mamalia Paus
Mamalia Air
    Paus bukanlah ikan. Hewan ini melahirkan anaknya setelah mengalami masa kehamilan 10 - 16 bulan. Paus menyusui anaknya sampai berumur satu tahun. Mamalia ini mampu menghasilkan 600 liter susu tiap harinya. Paus sering diburu untuk diambil daging dan lemaknya. Meskipun perburuan paus untuk tujuan komersial dilarang oleh International Whaling Commission sejak tahun 1982, beberapa negara masih mengadakan perburuan paus secara ilegal. Oleh karena itu, kelestarian paus di dunia terancam punah.
Paus Beluga Mudah Dilatih Untuk Atraksi Pertunjukan Sirkus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.