"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Rabu, 16 November 2016

PADI : TANAMAN BAHAN MAKANAN POKOK

    Padi adalah jenis tumbuhan monokotil dari genus Oryza yang bijinya dijadikan sebagai makanan pokok, terutama di Asia. Anggota suku Poaceae atau Gramineae ini terdiri dari 20 spesies, antara lain padi asia (Oryza sativa) dan padi Afrika (Oryza glaberrima). Sebagai sumber karbohidrat, padi diolah menjadi berbagai produk seperti nasi, bubur, tepung beras, bir dan sake. Selain itu, sekam dan jerami padi juga dimanfaatkan sebagai pakan ternak.
    Menurut perkiraan para ahli arkeologi, padi telah dibudidayakan di wilayah India dan indochina sejak tahun 5000 SM. Tanaman ini kemudian menyebar ke berbagai negara seperti Cina, India, Thailand, Indonesia, Vietnam, Jepang, Brazil, Amerika Serikat, Italia, Spanyol dan Mesir. Di Indonesia sentra penanaman padi meliputi wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat.
Animasi Padi
Gabah seperi Oriza ridleyi
    Seperti rumput dan serelea, padi berbentuk rumpun dengan tinggi tanaman sekitar 60-180 cm. Tanaman ini memiliki akar serabut. Daunnya yang berbentuk sepertipita terdiri dari helaian daun, pelepah daun, dan lidah daun. Batang padi berbentuk pipa, beruas-ruas, dan berongga. Bunga padi tersusun dalam bulir. Masing-masing bulir tediri atas beberapa bunga yang tersusun secara spiral atau melingkar. Setelah mengalami polinasi, perhiasan bunganya menjadi kering dan rontok. Bakal buah kemudian berkembang menjadi gabah (buah padi). Gabah tersebut terdiri dari lapisan pembungkus (sekam) dan bji (beras). Sekam yang berwarna hijau kekuningan pada waktu muda akan berubah menjadi kuning kecokelatan setalah tua.

Padi Sawah dan Padi Gogo.
    Berdasarkan tempat hidupnya, padi digolongkan menjadi dua jenis yaitu padi sawah dan padi gogo (padi ladang). Padi sawah umumnya ditanam di tanah basah dengan pengairan yang cukup. Jenis ini meliputi padi pasang surut, padi gogo rancah dan padi rawa atau padi lebak. Adapun padi gogo biasanya ditanam di daerah tanah kering atau di dataran tinggi.

IRRI
    Untuk menghasilkan varietas padi unggul. Beberapa jenis padi liar seperti O ridleyi, O.meiyeriana, dan O officinalis disilangkan dengan padi Asia (O.Sativa). Beberapa varites padi yang banyak ditanam di Indonesian antara lain padi  IR 64, PB 4, PB 5, rantai emas, putri merah , rojolele, pandan wangi, Cisadane dan pelita 1. Kegiatan penelitian dan pengembangan padi di tingkat internasional diprakarsai oleh International Rice Research Institut (IRRI)  yang terletak di los banos , Pilipina. Adapun di tingkat nasional, kegiatan tersebut diprakarsai oleh Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) yang terletak di Bogor, Jawa Barat.

Penggilingan Padi
    Setelah dipanen, Gabah dipisahkan dari bagian tanaman yang lain dengan alat atau mesin perontok. Hasil perontokkan kemudian dibersihkan dengan ayakan atau dengan mesin blower. Gabah dijemur atau dikeringkan sampai kadar airnya 14%. . Setelah kering, gabah dimasukkan kedalam karung bersih sampai kadar airnya 14%. Setelah kering, gabah dimasukkan kedalam karung bersih dan siap untuk dibawa ke tempat penggilingan padi. 
 Terasering tanaman padi di Pulau Bali
 Padi Gogo
 Padi Sawah
Bibit tanaman padi setelah ditanam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.