"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 14 November 2016

TERATAI : TUMBUHAN AIR TAWAR PENGHIAS KOLAM

    Teratai, lotus atau padma adalah kelompok tumbuhan air tawar dari bangsa Nymphaees yang berdaun lebar dan biasa digunakan sebagai penghias kolam, taman air dan akuarium. Kelompok tumbuhan dikotil ini mencakup lima suku, yaitu Nymphaeaceae, Barclayaceae, Cabombaceae, Ceratophyllaceae dan Nelumbonaceae. Selain sebagai tanaman hias, teratai juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat berlindung atau tempat tinggal bagi ikan-ikan dan hewan air lainnya serta sebagai bahan makanan dan obat bagi manusia.
    Daun teratai yang berbentuk bundar dan rata biasanya mengapung di permukaan air. Permukaan atas daun yang berwarna hijau ditutupi dengan lapisan lilin, sedangkan permukaan bawah yang berwarna ungu ditutupi oleh bulu-bulu halus.
Bunga Teratai Mekar
Rhizoma
    Sebagian besar teratai memiliki batang yang termodifikasi menjadi rhizoma (akar rimpang). Akar yang mengandung pati ini biasanya terbenam dalam lumpur atau terapung di badan air. Bunga teratai berbentuk seperti cawan dan biasanya berwarna putih, kuning atau merah muda. Bunga yang tersembul di atas permukaan air tersebut didukung oleh tangkai panjang yang berbulu. Buah teratai terdiri dari beberapa biji. Selain dengan biji, tanaman ini juga diperbanyak dengan akar rimpangnya.

Nymphaea
    Salah satu kelompok teratai yang banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias adalah genus Nymphaea. Kelompok ini mencakup sekitar 35 spesies, antara lain Teratai putih Amerika Utara dan teratai putih Eropa (Nymphaea alba) dan teratai Mesir (Nymphaea lotus). Teratai putih Amerika Utara dan teratai putih Eropa memiliki bunga yang berbau harum dan berukuran besar. Adapun bunga teratai Mesir biasanya berwarna putih atau merah muda.

Lotus
    Selain Nyimphaea, genus Nelumbo juga dibudidayakan di berbagai tempat sebagai tanaman hias dan sumber bahan makanan. Kelompok ini mencakup beberapa spesies teratai seperti Lotus India atau Seroja (Nelumbo nucifera), Lotus amerika (Nelumbo lutea) dan lotus Amerika Utara (Nelumbo pentapetala). Lotus india umumnya memiliki bunga yang berwarna putih atau merah muda, sedangkan lotus Amerika dan lotus Amerika Utara umumnya memiliki bunga yang berwarna kuning  cerah.

Teratai Raksasa
    Teratai terbesar di dunia adalah teratai dari genus Victoria yang berasal dari Amerika Selatan. Teratai raksasa ini terdiri dari dua spesies yaitu teratai royal atau teratai amazon (Victoria amazonica) dan teratai Santa cruz (Victoria cruziana). Diameter dari daun teratai royal dan teratai santa cruz mencapai sekitar 60-180 cm. Tumbuhan ini memiliki daun yang bagian tepinya tertekuk ke atas, sedangkan bunganya berwarna putih atau merah muda.

Manfaat dan Masalah Teratai
    Bagian daun dan akar rimpang dari Teratai dapat digunakan sebagai bahan makanan. Tumbuhan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat diare, demam, mual dan kolera. Meskipun demikian, peningkatan populasi Teratai yang terlalu cepat dapat menimbulkan masalah bagi sistem pengairan dan irigasi.

 Teratai Merah jingga
 Lotus
Hamparan teratai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.