"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 24 September 2016

BUMI : PLANET BIRU SATU-SATUNYA YANG DIHUNI KEHIDUPAN

    Bumi adalah salah satu dari Delapan planet dalam sistem Tata surya kita yang terletak pada urutan ketiga dari matahari. Meskipun hanya berupa bagian yang sangat kecil dari alam semesta, namun Bumi menjadi rumah bagi semua mahluk hidup. Bahkan menurut pengamatan sejauh ini, bumi merupakan satu-satunya planet di alam semesta yang dihuni oleh mahluk hidup.
    Diantara delapan planet yang terdapat pada Tata surya, bumi termsuk planet terbesar ke lima. Diameter bumi mencapai 13.000 km. Seperti planet-planet yang lain, bumi mengelilingi matahari dalam orbitnya. Jarak rata-rata bumi dari matahari sekitar 150 juta km. Orbit bumi tidak berbentuk lingkaran sempurna, tetapi agak oval. Jarak terdekat antara bumi dan matahari terjadi pada bulan Januari, yaitu sekitar 147,3 juta km, sedangkan yang paling jauh terjadi pada bulan Juli, yaitu sekitar 152,1 juta km. Bumi memerlukan waktu 365,25 hari untuk menyelesaikan satu kali revolusi putaran mengelilingi matahari. Adapun untuk berotasi berputar pada porosnya, bumi memerlukan waktu sekitar 24 jam.
Bumi dari Satelit
Susunan Bumi
    Bumi tersusun atas beberapa lapisan. Lapisan teratas pada permukaan bumi disebut kerak bumi. Ketebalan kerak bumi berbeda-beda. Di bawah benua ketebalannya mencapai sekitar 70 km. Adapun dibawah lautan ketebalan kerak bumi hanya sekitar 6 km. Sekitar 3/4 bagian dari kerak bumimengandung silika, yaitu campuran antara unsur selikon dan oksigen. Temperatur di bagian bawah kerak bumimencapai 1.000oC.
    Di bawah kerak bumi terdapat lapisan yang disebut mantel bumi. Mantel bumi merupakan lapisan batuan yang tebalnya sekitar 2.900 km. Di bawah mantel bumi terdapat inti bumi. Inti bumi terdiri dari 2 lapisan, yaitu lapisan inti luar dan inti dalam. Lapisan inti luar yang tersusun atas besi cair memiliki ketebalan sekitar 2.000 km. Temperaturnya mencapai 2.200oC. Lapisan inti dalam yang terletak dipusat bumi berupa sebuah bola yang berdiameter 2.740 km. Bagian ini tersusun atas unsur besi dan nikel padat. Temperatur inti dalam mencapai 4.500oC.
    Selain itu bumi juga diselimuti oleh lapisan udara yang disebut atmosfer. Lapisan udara setebal 2.000 km ini mengandung sekitar 78% nitrogen, 21% oksigen dan sisanya berupa argon dan sejumlah kecil gas lainnya. Lapisan atmosfer berfungsi untuk menjaga bumi agar tidak terlalu dingin sekaligus melindungi mahluk hidup di bumi terhadap radiasi sinar ultraviolet dari matahari.

Rumah bagi mahluk hidup
   Menurut pengamatan para ahli astronomi sampai saat ini, bumi merupakan satu-satunya planet di alam semesta yang menjadi tempat berlangsungnya proses kehidupan. Hal ini disebabkan karena bumi memiliki oksigen dan air, dua komponen penting yang menunjang kehidupan. Tumbuhan, hewan, dan organisme yang lain dapat hidup di permukaan bumi., karena bumi memiliki jarak tertentu dari sinar matahari sebagai sumber energi. Apabila bumi berada terlalu dekat dengan matahari, maka bumi akan menjadi terlalu panas untuk ditinggali. Adapun jika terlalu jauh dari matahari, maka bumi akan menjadi terlalu dingin. Selain itu mahluk hidup juga memerlukan air yang banyak tersedia terdapat di Bumi. Sekitar 70% air di bumi dapat ditemukan di laut, sungai dan danau.
 Planet Bumi
 Struktur lapisan Bumi
Bagian inti Bumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.