"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 25 September 2016

RAWA : LAHAN BASAH DI MUKA BUMI

    Rawa adalah lahan yang digenangi oleh air secara alamiah dan terus menerus atau musiman akibat drainase alamiah yang terhambat. Biasanya rawa terdapat di daerah lembah, pantai dan dekat sungai yang mengalir lambat. Rawa banyak ditumbuhi tumbuhan air yang pendek dari dalam air.
    Rawa terdiri dari berbagai jenis antara lain rawa gambut, rawa air tawar dan rawa air payau. Ketiga jenis rawa ini memilikikarakteristik flora dan fauna yang berbeda berdasarkan keadaan fisik rawanya. Kolom rawa menjadi habitat ikan, katak dan binatang melata misalnya Buaya, Ular dan Kura-kura. Binatang lainnya yang hidup di rawa adalah beberapa jenis burung dan serangga. Di tanah rawa yang lembabtumbuh pohon, semak, dan tanaman menjalar.
Animasi Rawa
Rawa Gambut
    Rawa gambut hanya terdapat di daerah yang beriklim basah. Rawa yang mengandung gambut atau tanah lunak dan basah yang terdiri atas lumut dan bahan tanaman lain yang membusuk, biasanya memiliki keasaman yang tinggi dan kandungan oksigen yang rendah. Rawa jenis ini umumnya tidak banyak faunanya. Rawa gambut terdapat di daerah Sumatera, Kalimantan dan Papua.

Rawa Air Tawar
    Rawa air tawar airnya selalu berganti secara terus menerus berdasarkan curah hujan. Biasanya rawa air tawar mengalami banjir dalam setahun, yaitu pada musim hujan. Rawa air tawar terdapat diPesisir Timur Pulau Sumatera, Pesisir Barat pulau Kalimantan dan selatan Papua.

Rawa Air Payau
    Jumlah air di rawa air payau tergantung pada pasang surut air laut. Salah satu contoh rawa air payau adalah rawa mangrove atau bakau, karena banyak ditumbuhi pohon mangrove dan bakau. Rawa mangrove terletak di sepanjang pantai tropis dan sub tropis, tempat berbagai jenis fauna misalnya Burung Undan,Siput dan Kepiting.

Konservasi dan Reklamasi Rawa
    Konservasi rawa adalah pengelolaan rawa sebagai sumber air yang didasarkan pada pertimbangan teknis, sosial ekonomis, dan lingkungan. Konservasi bertujuan menjamin dan memelihara kelestarian rawa serta meningkatkan fungsi dan pemanfaatannya. Selain konservasi dilakukan pula reklamasi rawa.yaitu upaya peningkatan fungsi dan pemanfaatan rawa untuk kepentingan masyarakat dengan cara menguruk rawa. Salah satu manfaat reklamasi rawa adalah untuk memperluas tanah pertanian. Akan tetapi reklamasi juga bisa berdampak buruk bagi rawa karena mengganggu habitat flora dan fauna rawa.

Flora Fauna Rawa
    Flora dan Fauna yang hidup di rawa sangat beraneka ragam, meliputiKatak, Burung, Ikan dan tumbuhan. Spesies kayu bernilai komersial sperti kayu ramin, tumbuh di hutan rawa gambut Kalimantan, Sumatera dan Papua. Adapun habitat rawa air tawar kaya akan tumbuhan epifit, rotan dan palma. Rumpun sagu tumbuh subur di rawa hutan Papua. Diperkirakan terdapat 6-8 juta hektar rawa sagu di pulau Papua.

Paya
    Paya adalah rawa yang di dominasi oleh rumput. Paya merupakan tempat berbiak bagi banyak serangga yang larvanya hidup di air, seperti Capung dan Nyamuk. Katak dan Bangkong juga berkembang biak di daerah Paya ini.

 Rawa Hutan Gambut
Rawa Air Payau   
Rawa Air Tawar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.