"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 17 September 2016

VENUS : PLANET KEDUA DARI MATAHARI

    Venus adalah planet kedua dari matahari dalam tata surya. Venus dikenal sebagai saudara kembar bumi karena ukurannya hampir sama besar dengan bumi. Diameter Venus berukuran sekitar 12.100 km. Jarak terdekat Venus dengan bumi adalah 41,4 juta km. Jarak rata-rata Venus dari matahari adalah 108 juta km atau 0,72 jarak rata-rata bumi dari matahari. Venus mengitari matahari sekali dalam 224,7 hari dan berotasi pada sumbunya sekali dalam 243 hari.
    Bentuk dan ukuran Venus dapat berubah-ubah ketika dilihat melalui teleskop. Perubahan tersebut terjadi akibat adanya perbedaan bagian Venus yang disinari matahari yang dapat dilihat dari bumi pada waktu-waktu tertentu. Setiap 584 hari, posisi Venus membelakangi matahari sehingga hampir seluruh bagian yang disinari matahari dapat dilihat. Ketika Venus berevolusi dan mendekati Bumi, bagian yang disinari matahri berkurang sehingga ukuran yang dapat dilihat dari bumi juga berkurang. Ketika Venus berada sejajar dengan matahari dan bumi, hanya sedikit dari bagian yang disinari matahari dapat terlihat. Peristiwa ini juga terjadi pada tahun 2004 dan 2012.
Animasi Rotasi Planet Venus
Hesperus dan Phosphorus
    Dilihat dari bumi, planet Venus merupakan obyek yang bersinar paling terang di langit setelah matahari dan bulan. Karena letaknya yang lebih dekat ke matahari daripada ke bumi, Venus hanya dapat dilihat selama tiga jam sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam. Ketika muncul di pagi hari, planet Venus disebut juga bintang Fajar atau Phosphorus. Adapun di sore hari, planet Venus disebut juga bintang senja atau Hesperus. Nama Venus sendiri diambil dari nama dewi kecantikan atau dewi cinta bangsa romawi kuno.

Permukaan Venus
    Walaupun memiliki ukuran diameter dan massa yang hampir sama, permukaan Venus sangat jauh berbeda dengan bumi. Pada awalnya sangat sulit mengetahui topografi permukaan Venus karena planet ini selalu diselubungi oleh awan sulfur yang tebal. Akan tetapi kemudian ditemukan cara dengan mengirimkan gelombang radar dan menangkapnya kembali setelah dipantulkan oleh permukaan di bawahnya. Melalui cara tersebut pesawat ruang angkasa Pioneer Venus berhasil mengetahui 93% keadaan permukaan Venus merupakan bidang datar, sisanya memiliki variasi ketinggian tidak lebih dari 1 km. Gunung tertinggi di Venus adalah Gunung Maxwell. Selain itu ada juga dua daerah yang lebih tinggi daripada ketinggian rata-rata, yaitu Ishtar Terra dan Aphrodite Terra.

Atmosfer Venus
    Atmosfer Venus sangat tebal, terdiri dari 97% karbon dioksida serta sedikit nitrogen dan uap air. Karena ketebalannya tersebut, tekanan di permukaan Venus sangat tinggi. yaitu sekitar 90 kali tekanan atmosfer di permukaan Bumi. Partikel awan di Venus sebagian besar terdiri dari kumpulan asam sulfur yang menguap dan tertinggal di di atmosfer. Awan tebal ini memiliki daya pantul yang sangat besar sehingga Venus tampak sangat terang. Bagian teratas awan dapat dilihat dari bumi.
 Planet Venus
 Perbandingan ukuran Planet Venus dengan Bumi
 Permukaan Planet Venus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.