"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Senin, 26 September 2016

LEMBAH : NGARAI CURAM DI PERMUKAAN BUMI

    Lembah adalah relief bumi yang berbentuk celah besar dipermukaan bumi. Lembah membentang melalui dataran, perbukitan dan pegunungan. Lembah yang dalam dengan dinding atau tebing curam yang terbentuk oleh aliran sungai disebut ngarai (Canyon). Salah satu ngarai terkenal di dunia adalah Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat sedangkan lembah bawah laut di dasar samudera Atlantik Ngarai Hudson.
   Dasar lembah biasanya merupakan lahan subur dan baik untuk dijadikan lahan pertanian. Dasar lembah disebut lantai lembah. Kebanyakan dasar lembah berbentuk miring ke bagian hilirnya. Bagian dasar lembah di sepanjang bantaran sungai disebut dataran banjir. Lembah di daratan terbentuk oleh aliran air sungai dan erosi lereng.

Jenis lembah
    Berbagai jenis lembah dinamai berdasarkan bentuknya. Lembah yang ketinggiannya melebihi lembah utama disebut lembah gantung. Lembah gantung terbentuk karena erosi air sungai di lembah utama. Air sungai yang mengalir melalui lembah gantung jatuh menjadi air terjun,ketika air sungai memasuki lembah utama.
    Lembah di sepanjang daerah pantai yang digenangi air laut disebut lembah tenggelam. Teluk Chesapeake dan teluk Delaware di Amerika Serikat merupakan contoh bentuk lembah tenggelam. Selain itu, dikenalpula lembah gletser, yaitu lembah yang semakin lebar oleh kegiatan gletseir. Lembah gletseir ditemui pada ketinggian daerah pegunungan. Bentuknya menyerupai huruf U.
Lembah yang terisi air menjadi Danau alam
Basin
    Basin adalah relief bumi yang berbentuk cekungan besar, biasanya dibentuk oleh aliran sungai dan anak sungai. Sungai Missisiphi di Amerika Serikat membentuk sebuah basin yang meliputi sekitar 2/5 dari wilayah Amerika Serikat tidak termasuk Alaska dan Hawai. Basin besar lainnya adalah lembah Kongo di Afrika, lembah Amazone di Amerika Selatan dan lembah Yangtse di Asia.
    Terkadang ada basin tertutup karena aliran sungainya tidak memiliki alur keluar menuju laut. Air basin tertutup dapat berkurang melalui penguapan dan penyerapan ke dalam tanah. Bagian terendah biasanya berbentuk himpunan air atau danau, atau kalau di gurun berbentuk playa atau dasar danau kering. Beberapa basin tertutup di kawasan gurun memiliki danau berair asin, misalnya Great Salt Lake di Utah, Amerika Serikat.

Ngarai Sianok
    Di kaki rangkaian Bukit barisan di Sumatera Barat terdapat alur lembah yaitu lembah Anai dan Ngarai Sianok. Nama ngarai Sianok berasal dari sebuah legenda tentang ular raksasa yang mengamuk akibat diracuni oleh seorang pemuda cerdik. Ular tersebut mati dan terkubur di lembah. Lembah itu kemudian menjadi sepi karena orang takut menghampirinya sehingga lembah itu disebut " Ngarai Sianok " yang berarti lembah yang sepi. Ngarai ini terletak di kaki gunung Singgalang dan terbentang sepanjang 13 Km dengan tebing-tebing curam. Di tepinya terdapat gua bekas kubu pertahanan Jepang yang merupakan obyek wisata di Provinsi Sumatera Barat.
 Ngarai Sianok, Sumatera Barat
Grand Canyon, Amerika Serikat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.