"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 24 September 2016

MERKURIUS : PLANET TERDEKAT DENGAN MATAHARI

    Merkurius adalah planet yang terletak paling dekat dengan matahari. Jarak rata-rata planet ini dari matahari adalah sekitar 58 juta km atau 0,39 kali jarak rata-rata bumi dari matahari. Merkurius mengelilingi matahari sekali dalam 88 hari dan berotasi cukup lambat. sekali dalam 58,7 hari atau dua pertiga dari periode revolusinya. Diameter planet ini berukuran sekitar 4.878 km atau dua perlima dari diameter bumi. Karena berukuran cukup kecil dan berjarak sangat dekat dengan matahri, Merkurius agak sulit dilihat dari bumi tanpa menggunakan teleskop. Merkurius hanya dapat diamati sesaat di langit barat sesudah matahari terbenam atau di langit timur sebelum matahari terbit.

Permukaan Merkurius
    Permukaan Merkurius mirip dengan permukaan bulan, terdiri atas dataran yang rata dan luas, jurang yang cukup curam, dan kawah-kawah seperti di bulan. yang terbentuk akibat adanya meteorit atau komet kecil yang menabrak planet tersebut. Merkurius kering dan sangat panas hampit tidak berudara. Sinar matahari yang memancar ke planet ini tujuh kali lebih kuat daripada ke bumi. Merkurius juga tidak memiliki cukup gas di lapisan atmosfernya untuk mengurangi jumlah panas dari sinar matahari. Karena itu, suhu di permukaan Merkurius sangat bervaiasi, bisa mencapai 430oC pada siang hari dan -170oC pada malam hari.
Rotasi Merkurius
Selubung Merkurius
    Merkurius diselubungi oleh lapisan gas yang terdiri dari helium, oksigen, dan sodium dalam jumlah yang sangat sedikit. Tumbuhan dan hewan yang dapat hidup di bumi tidak akan bisa bertahan di Merkurius karena kurangnya oksigen di planet ini dan temperatur yang sangat tinggi. Para ahli meragukan adanya bentuk kehidupan di Merkurius.

Mariner 10
    Pesawat ruang angkasa milik Amerika Serikat Mariner 10,merupakan pesawat ruang angkasa pertama dan satu-satunya hingga kini yang pernah mencapai Merkurius. Pesawat tanpa awak ini dua kali mendekati Merkurius dan terbang hingga mencapai jarak 740 Km dari Merkurius pada tahun 1974 dan kembali mendekati planet ini pada tahun 1975. Selama penerbangan tersebut, Mariner 10 berhasil mengambil gambar permukaan Merkurius yang tampak seperti bulan. Mariner 10 juga berhasil mendektesi adanya medan magnet di planet ini. Merkurius merupakan satu-satunya planet selain bumi, yang memiliki medan magnet. Akan tetapi medan magnet di Merkurius tidak sebesar di bumi, dan hanya mencapai 1% kekuatan medan magnet di bumi. Walaupun demikian adanya medan magnet di Merkurius merupakan penemuan di luar dugaan mengingat planet ini berotasiamat lambat.
    Di masa mendatang, penyelidikan mengenai Merkurius masih akan terus dilanjutkan dan diharapkan ada pesawat ruang angkas yang dapat memasuki orbit Merkurius atau bahkan dapat mendarat di planet ini. Namun usaha untuk mengekplorasi planet ini diperkirakan tidak akan mudah mengingat temperatur permukaan Merkurius yang sangat ekstrem.
 Perbandingan struktur dalam Planet Merkurius dengan Bumi
Planet Merkurius

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.