"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 10 September 2016

NATRIUM : LOGAM ALKALI BERWARNA PUTIH KEPERAK-PERAKAN

    Natrium adalah logam alkali berwana putih keperak-perakan dengan lambang kimia Na. Logam ini juga dikenal dengan nama sodium. Dalam sistem periodik, natrium terletak pada golongan IA dan periode 3. Nomor atom natrium adalah 11 dan massa atom relatifnya 22,99 g/mol. Natrium memiliki titik lebur pada suhu 98oC dan titik didih pada suhu 883oC.
    Natrium pertama kali ditemukan oleh seorang kimiawan dari Inggris, Sir Humphry Davy, pada tahun 1807. Di alam semesta, mineral yang mengandung natrium banyak terdapat di matahari dan bintang-bintang lainnya. Di Bumi, logam ini paling banyak terdapat diantara logam alkali lainnya. Natrium terdapat di alam dalam bentuk senyawa dan tidak dalam bentukunsur bebas. Logam ini terdapatantara lain dalam bentuk natrium klorida (NaCl), Natrium karbonat (Na2CO2) dan Natrium sulfat (Na2SO4)
Sifat Natrium
Natrium merupakan logam yang sangat lunak sehingga dapat mudah dicetak, dibentuk atau dipotong dengan pisau. Natrium juga merupakan unsur yang sangat reaktif sehingga tidak pernah ditemukan dalam bentuk unsur bebas di alam. Karena bersifat sangat reaktif, natrium perlu dijaga agar tidak terjadi kontak antara unsur ini dan air atau bahan lain yang dapat menimbulkan letupan. Natrium akan beroksidasi di ruang terbuka dengan udara serta akan menimbulkan letupan jika beraaksi dengan air untuk membentuk natrium hidroksida dan hidrogen.
Proses pembuatan
Natrium murni pertama kali diperoleh dari percobaan yang dilakukan oleh Sir Huumphry Davy dengan menggunakan listrik untuk menguraikan senyawa natrium hidroksida. Di dunia industri, natrium diperoleh melalui proses elektrolisis dari senyawanya. Senyawa terpenting dari natrium adalah natrium klorida, yang dikenal dengan nama umum garam dapur. Natrium klorida yang banyak terdapat di air laut dapat diperoleh dengan cara menguapkan air laut sehingga terbentuk kristal NaCl. Senyawa ini kemudian dielektrolisis untuk menghasilkan unsur natrium dengan hasil samping gas klor.
Pemanfaatn Natrium
Natrium merupakan salah satu elemen yang dibutuhkan dalam pembentukan ester dan senyawa organik. Senyawa natrium juga banyak digunakan dalam bidang industri, seperti industri kertas, kaca, tekstil, minyak, kimidan industri logam lainnya. Garam natrium berguna sebagai sumber nutrisi bagi mahluk hidup. Natrium juga banyak digunakan untuk pembuatan sabun. Senyawa logam ini dengan kalium (NaK) berfungsi sebagai pengantar panas yang baik. Adapun senyawa natrium nitrat (NaNO3) merupakan sumber nitrogen untuk pupuk.
Soda
Soda merupakan nama umum untuk senyawa yang mengandung natrium (Sodium). Soda dapat terbuat dari natrium klorida. Air soda merupakan air yang jenuh dengan gas karbondioksida, meskipun mungkin tidak mengandung natrium. Beberapa macam senyawa natrium atau soda antara lain :
  • Natrium Karbonat dikenal dengan soda cuci atau soda abu
  • Natrium bikarbonat dikenal dengan nama soda kue
  • Natrium hidroksida dikenal dengan nama soda kaustik, digunakan sebagai zat kimia dalam pembuatan sabun, tekstil dan kertas.
  • Natrium Tetraborat dikenal dengan nama boraks
  • Natrium fluorida digunakan sebagai antiseptik serta racun tikus dan serangga
  • Natrium Nitrat dikenal dengan nama salpeter, digunakan sebagai penyubur
  • Natrium peroksida digunakan sebagai pengelantang atau pemutih dan pengosidasi.
Natrium Hidrosida (Soda api)
Natrium Peroksida
Natrium Bikarbonat
Natrium Fluoride
Natrium Karbonat
Natrium Nitrat
Natrium
Natrium Tetraborat

Sumber : Ensiklopedi Umum untuk Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.