"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 04 Desember 2016

CERPELAI : KARNIVORA BERTUBUH RAMPING

    Carpelai adalah nama umum bagi sekelompok mamalia dari suku atau famili Mustelidae yang mencakup genus Mustela, Lyncodon,Poecilictis dan Poecilogale. Anggota ordo Carnivora ini berkerabat dekat dengan mink, tayra, marten, kucing kutub, sirakus, lingsang air, teledu dan teledu madu. Cerpelai bertubuh panjang dan ramping dengan rambut yang lebat dan tungkai yang pendek. Hewan ini tersebar luas di hampir semua wilayah,kecuali Australia dan Antartika.
    Ukuran tubuh cerpelai bervariasi menurut spesies. Panjangnya bisa mencapai 15-35 cm dan bobotnya sekitar 60-130 gram. Cerpelai jantan umumnya lebih besar dibandingkan cerpelai betina. Rambut hewan ini berwarna cokelat muda dengan variasi warna putih di bagian perut dan warna hitam di ujung ekor. Panjang ekor cerpelai mencapai 22-33 cm. Tungkainya tersusun atas lima jari dengan cakar yang tidak dapat ditarik kembali.
Keluarga Cerpelai cokelat

Gigi Taring
    Meskipun bertubuh kecil, beberapa spesies cerpelai seperti cerpelai eropa (Mustela nivalis) tidak pernah ragu-ragu untuk membunuh mangsa yang berukuran lebih besar. Hewan yang berotot kuat ini mampu memanjat pohon dan menyelinap ke dalam lubang untuk mengejar mangsanya. Cerpelai umumnya berburu pada malam hari. Pakan hewan ini berupa rodensia, katak, serangga, ikan dan burung. Ketika berburu, cerpelai akan menyergap mangsanya secara cepat. Dengan gigi taring yang tajam dan kuat, cerpelai mampu membunuh mangsa dengan gigitan di bagian leher. Mangsa tersebut lalu ditarik ke dalam sarangnya.
Kawanan cerpelai hitam dan ular cobra

Kelenjar Kesturi
    Cerpelai sering memanfaatkan sekresi dari kelenjar kesturi (sekreta) yang terdapat di bagian pangkal ekornya sebagai penanda wilayah. Sekreta itu biasanya ditinggalkan di dahan-dahan pohon atau rerumputan. Selain itu, sekreta juga digunakan untuk mengusir predator. Di alam, predator yang sering memangsa cerpelai adalah serigala, ular, elang dan burung hantu.
    Masa hidup atau umur cerpelai bisa mencapai 8 tahun. Cerpelai akan memasuki tingkat kematangan organ seksual setelah berumur 1 tahun. Masa hamil cerpelai betina berlangsung selama 5-6 minggu. Pada musim semi, cerpelai betina akan melahirkan 4-6 anak dan hal tersebut akan berulang kembali pada akhir musim panas.
Cerpelai Putih

Cerpelai Erminea
    Cerpelai erminea (M.erminea) atau stoat berukuran lebih besar daripada cerpelai eropa. Spesies ini mudah dikenali karena ekornya yang lebih pendek dengan warna hitam di ujungnya. Cerpelai erminea hidup di hutan-hutan dan tundra di belahan dunia bagian utara. Pada musim dingin, rambut hewan ini akan mengalami kerontokan, kecuali pada bagian ujung ekor yang berwarna hitam.

Kerabat Dekat Cerpelai

  1. Mink  terdiri dari 3 spesies, yaitu mink amerika (M.vision), mink eropa (M.lutrola) dan mink siberia (M. macrodon). Hewan yang pandai berenang ini gemar memangsa ikan, katak, krustasea, dan burung.
  2. Tayra (Eira barbaris) hidup di hutan di wilayah Amerika Selatan. Hewan yang pandai memanjat pohon ini memiliki kepala lebar, telinga bulat pipih, dan rambut hitam kecokelatan.
  3. Marten merupakan anggota Mustellidae dari genus Martes yang berbulu tebal dan halus. Hewan yang gemar memakan bajing ini tersebar di Amerika Utara, Eropa dan Asia.
  4. Kucing Kutub  mencakup kucing kutub marmer (vormela peregusna), Kucing kutub eropa (M.Putorius), Kucing kutub stepa (M.Eversmannii), dan zorilla (Ictonyx striatus). Hewan yang berkulit lentur ini mengandalkan penciumannya ketika berburu.
  5. Sirakus  (gulo gulo) atau wolverine bertubuh besar dan kekar. Hewan yang menghuni tundra di Eropa dan Amerika ini sering mengencingi sisa buruan yang tidak habis dimakannya sebagai tanda hak milik.
  6. Linsang air  (otter) adalah nama umum bagi sub famili lutrinea. Hewan yang hidup di perairan tawar dan laut ini mencakup genus Amblonyx, Aonyx, Enhydra, Lontra, Lutra, Lutrogale dan Pteronura.
  7. Teledu  (badger) mencakup 3 sub famili yaitu Melinae (teledu eurasia), Mellivorinae (teledu madu) dan Taxidaeinae (teledu Amerika). Hewan yang bertubuh bulat ini memiliki pola warna terang pada wajahnya sehingga mirip topeng.
Minx
Tayra
Marten
Zorilla
Gulo Gulo (Sirakus)
Lingsang air
Teledu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.