"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 31 Desember 2016

PANDA : KARNIVORA PEMAKAN BAMBU

    Panda adalah kelompok karnivora dari suku Ailuridae yang gemar makan bambu. Kelompok hewan ini mencakup dua jenis panda, yaitu panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) dan panda kecil atau panda merah (Ailurus fulgens). Daerah penyebaran panda terbatas hanya di hutan-hutan bambu di wilayah Cina dan Pegunungan Himalaya.
Animasi Panda
    Panda raksasa memiliki kemiripan fisik dengan beruang sehingga para ahli taksonomi sebelumnya menelompokkan hewan ini kedalam suku Ursidae (kelompok beruang). Bobot panda raksasa dapat mencapai 100 kg, sedangkan tingginya sekiat 1,5 m. Seluruh tubuhnya ditutupi oleh bulu yang pendek dan tebal dengan kombinasi warna hitam dan putih. Kepala panda raksasa besar dan pendek, sedangkan hidung dan telinganya berbentuk bulat. Kaki depan dan kaki belakang memiliki lima jari, namun pergelangan kaki depannya dilengkapi dengan ibu jari tambahan untuk menggenggam makanannya.
Bersahabat Dengan Panda Raksasa Cina
Panda Kecil
    Panda kecil atau panda merah memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada panda raksasa. Panjang tubuhnya sekitar 50-65 cm dengan bobot sekitar 3-5 kg. Panda jenis ini memiliki kemiripan fisik dengan musang. Panda kecil berekor panjang (30-50 cm) dan berbulu cokelat kemerahan. Seperti pada panda raksasa, kaki depannya memiliki ibu jari tambahan. Cakar kakinya dapat ditarik seperti cakar kucing.
Remaja Panda Raksasa
Pemakan Bambu
   Panda baik panda raksasa maupun panda kecil, termasuk hewan nokturnal yang aktif mencari makanan pada malam hari. Hewan ini mencari makanan selama 10-12 jam per hari. Di alam, pakan utama panda adalah akar, tunas, dan daun bambu. Akan tetapi, bila sumber pakan utamanya habis, panda dapat memangsa hewan lain seperti ayam, ikan dan tikus. Seekor panda menghabiskan sekitar 15-30 kg bambu setiap hari.
Keluarga Panda raksasa
    Meskipun hidup di hutan bambu, namun panda lebih banyak beraktifitas di atas tanah. Hewan ini jarang memanjat pohon bambu kecuali bila sedang beristirahat atau berlindung dari musuh. Panda biasanya hidup menyendiri atau berpasangan. Masa perkembangbiakan panda raksasa berlangsung dari bulan Maret sampai Mei, sedangkan perkembangbiakan panda kecil berlansung dari bulan Januari sampai Maret.
    Bayi panda raksasa akan lahir enam bulan kemudian, sedangkan bayi panda kecil akan lahir lima bulan kemudian. Induk panda melahirkan 1-2 bayi panda. Bayi tersebut selanjutnya diasuh secara bersama-sama oleh induk jantan dan betina.

Panda Merah, Himalaya
Konservasi Panda
    Saat ini populasi panda di seluruh dunia kurang dari 1.000 ekor, sedangkan 100 ekor di antaranya dipelihara di kebun binatang. Penurunan populasi umumnya disebabkan oleh kerusakan habitat dan kegiatan perburuan. Oleh sebab itu, panda ditetapkan sebagai hewan yang terancam punah sehingga dilindungi oleh pemerintah Cina. Adapun hutan bambu yang menjadi habitat panda dijadikan sebagai kawasan konservasi. Enam kawasan konservasi panda di Cina ada di wilayah pegunungan Qinling (Provinsi Shaanxi), pegunungan Minshan (Provinsi Gansu), pegunungan Minshan, Qionglai, Xiangling, dan Liangshan semuanya di provinsi Sichuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.