"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 31 Desember 2016

ANJING LAUT : MAMALIA AIR

 
    Anjing lat merupakan famili Phocidae. Sebagai mamalia air, anjing laut telah menyesuaikan diri dengan lingkungan air. Walaupun bertubuh besar, anjing laut merupakan perenang yang lincah. Famili Phocidae terbagi atas 2 sub famili yaitu Phocinae dan Monachinae. Subfamili Phocinae mencakup semua anjing laut dari utara, seperti anjing laut berjanggut, anjing laut berkerudung dan anjing laut abu-abu. Subfamili Monachinae antara lain anjing laut biarawan, anjing laut biarawan hawai, anjing laut biarawan karibia, dan anjing laut weddell. Perbedaan dari kedu subfamili ini terletak pada tengkorak dan kerangkanya.
Berenang Bersama Singa laut
Anatomi
    Anjing laut mempunyai jenis yang beragam, baik ukuran maupun cara hidpnya. Panjangnya dapat mencapai 1,5-6,5 meter dengan bobot hingga 3,5 ton. Perbedaan kelamin pada anjing laut sangat mencolok. Jantan umumnya memilki ukuran jauh lebih besar daripada yang betina. Diperkirakan umur anjing laut dapat mencapai 40 tahun.
Anjing laut betina
    Anjing laut mempunyai ekor dan tenaga yang sangat kecil. Kulitnya tebal karena lapisan lemak di bawah jangat. Lapisan ini berfungsi sebagai isolator dan cadangan energi untuk melawan suhu yang sangat dingin. Lapisan ini juga memperbesar volume tubuh anjinglaut dan secara proporsional memperingan tubuh sehingga mudah bergerak di air. Anjing laut memiliki leher tebal dan berotot, namun mudah bergerak dengan bebas.
Pertarungan anjing laut jantan
Habitat dan Makanan
    Anjing laut tersebar di Kutub Utara dan Selatan, seluruh daerah subtropis, serta beberapa daerah tropis di Amerika dan Afrika Barat. Tidak semua jenis anjing laut hidup di laut, beberapa anjing laut hidup di danau air tawar seperti Danau Baykal, Siberia. Beberapa jenis anjing laut mencari makan pada siang hari, namun ada pula yang melakukannya pada malam hari. Makanan utamanya adalah daging segar, seperti ikan, cumi-cumi, dan kerang-kerangan.
 Singa laut berenang di permukaan
 Reproduksi
    Anjing laut ada yang hidup secara monogami maupun poligamai. Anjing laut yang hidupnya secara poligami dapat memiliki pasangan sebanyak 50 ekor. Pada musim kawin, umumnya mereka pergi ke suatu tempat untuk melakukan perkawinan. Pada saat itu, jantan dewasa membangun wilayah sendiri dan mempertahankannya dari jantan lainnya. Pada masa musim kawin sering terjadi perkelahian antarjantan dewasa dalam memperebutkan sang betina. Jantan yang terkuat yang dapat mengawini betina.
    Anjing laut betina hamil selama 8-12 bulan. Anak yang dilahirkan umumnya hanya satu ekor. Induk anjing laut dapat menyusui anaknya sampai dua tahun, tetapi ada pula yang menyusui anaknya hanya dua minggu saja. Pertumbuhan anak anjing laut sangat cepat karena air susu induknya kaya akan kandungan lemak.
 Kiss For Sea Lion
Singa Laut
    Singa laut adalah mamalia yang berkerabat dengan anjing laut dan beruang laut (suku Otariidae). Meskipun bertubuh besar, singa laut dikenal sebagai perenang yang sangat lincah. Lapisan lemak tebal yang terdapat di bawah kulit sangat membantu mereka untuk tetap hangat meskipun berada di perairan laut kutub yang sangat dingin. Kulit singa laut juga ditutupi oleh bulu berminyak yang mampu melindungi mereka dari bebatuan keras, karang dan pasir pantai saat mereka ke darat. Semua singa laut juga ditutupi oleh bulu berminyak yang mampu melindungi mereka dari bebatuan keras, karang dan pasir pantai saat mereka ke darat. Semua singa laut berukuran besar dengan panjang tubuh 2-3 meter. Singa laut terkecil adalah singa laut California (Zalophus callifornianus), sedangkan yang terbesar adalah singa laut steller (Eumetopias jubatus).
  
Kelompok walrus di tepi laut
Walrus
    Walrus (famili Odobenidae) merupakan hewan yang masih berkerabat dekat dengan singa laut. Habitatnya terdapat di lautan Arktik. Kulit Walrus sangat tebal (mencapai 2,5 cm) serta diselimuti oleh rambut pendek dan kasar. Salah satu ciri khas walrus adalah taring atau gading raksasa di mulutnya yang panjangnya bisa mencapai lebih dari 50 cm. Taring ini merupakan simbol status bagi walrus. Walrus jantan dengan taring terbesar biasanya menjadi pemimpin kelompok. Taring walrus juga berfungsi untuk melubangi lapisan es dan untuk menarik dirinya keluar air atau ke atas es, terapung untuk beristirahat.
Kelompok Walrus berjemur di pantai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.