"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Selasa, 13 Desember 2016

EROPA : BENUA BIRU

    Benua terkecil kedua di dunia setelah Australia adalah Eropa. Benua ini dibatasi oleh Samudera Arktik di Utara, Benua Asia di Timur, Laut Tengah, Laut Hitam dan Laut Kaspia di selatan, serta Samudera Atlantik di barat. Luas wilayah Eropa adalah sekitar 10.355.000 km2.
    Wilayah Eropa terdiri dari beberapa semenanjung seperti Semenanjung Skandinavia, Iberia dan Italia. Adapun pulau-pulau yang terletak di benua ini antara lain adalah Pulau Eslandia, Kepulauan Inggris, Pulau Sardinia, dan Pulau Sicilia. Puncak tertinggi di Eropa adalah Gunung Elbrus (5.642 m). Gunung ini terletak di Barat Daya Rusia.


 Pegunungan Alpen, Eropa Tengah
Desa di lereng Pegunungan Alpen, Swiss
    Eropa dilalui oleh beberapa sungai antara lain Sungai Volga, Sungai Donau, Sungai Rhein dan Sungai Elbe. Sungai-sungai ini umumnya dapat dilayari sampai ke pedalaman dengan kapal berukuran sedang. Sebagian besar Eropa beriklim Subtropis. Curah hujan berkisar 500-1.500 mm pertahun. Flora yang tumbuh di Eropa antara lain adalah pohon maple, ek dan pinus. Adapun fauna yang dapat ditemukan di benua ini antara lain adalah rusa, bison, serigala dan beruang.
Indahnya danau gleseir di Austria

Sejarah Eropa
    Sejarah Eropa dimulai sejak masa Yunani Kuno dan Kekaisaran Romawi. Keduanya memberikan sumbangan besar terhadap perkembangan di bidang filsafat, bahasa, seni dan pemerintahan. Kejayaan bangsa-bangsa Eropa berlanjut setelah mereka berhasil menaklukan wilayah-wilayah Amerika, Afrika dan Asia. Pada abad ke 20 Eropa terlibat dalam Perang Dunia I dan II. Setelah tahun 1945, negara-negara Eropa terpecah menjadi dua kubu, yaitu kubu komunis dan non komunis. Kubu komunis kemudian hancur setelah Uni Soviet terpecah pada tahun 1991. Pada saat ini, sejumlah negara Eropa tergabung dalam Uni Eropa yang berdiri pada tahun 1993.
    Berdasarkan rata-rata luas negara di Eropa pada umumnya termasuk dalam katagori negara kecil. Lima negara terkecil di dunia terdapat di Eropa yakni Andora, Liechtenstein, Monako, San Marino dan Vatikan. Adapun negara terbesar di dunia yaitu Rusia, juga sebagian besar terletak di wilayah Eropa.
Istana Buckingham, Inggris
Pariwisata
    Sektor pertanian lebih banyak menyerap tenaga kerja dibandingkan dengan sektor lain. Negara-negara Eropa merupakan pemasok bahan makanan di dunia, khususnya produk pertanian dan peternakan seperti gandum, kentang, jagung, susu dan daging. Eropa juga dikenal sebagai penyulai ikan utama di dunia. Wilayah penghasil ikan terbesar adalah Samudera Atlantik, Laut Norwegia dan Laut Baltik.
Menara Eiffel, Paris, Perancis
    Selain pertanian dan perikanan, negara-negara Eropa mengandalkan perekonomiannya pada sektor industri, perdagangan dan pariwisata. Inggris, Rusia, Jerman, Perancis dan Italia telah dikenal sebagai negra yang maju dalam kegiatan industri dan perdagangan. Kegiatan industri yang ada di Eropa antara lain adalah industri otomotif, elektronik, kimia, tekstil dan makanan. Adapun kegiatan pariwisata di Eropa umumnya mengandalkan keindahan alam, budaya dan kehidupan kota besar. Obyek wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan antara lain adalah pegungan Alpen di Swiss, kota Paris di Perancis dan istana Buckingham di Inggris.
Istana Kremlin, Moskwa, Rusia
Penduduk Perkotaan
    Sebagian besar penduduk Eropa (sekitar tiga dari lima orang) pada saat ini tinggal di kota. Di sejumlah negara industri ,proporsi penduduk kota tinggi lebih dari 90%. (Malta, Luksemburg, San Marino dan Inggris) ataupun lebih dari 80% (Jerman, Denmark dan Swedia). Hanya Albania, Bosnia-Hercegovina, Moldova, Slovenia, dan Portugal yang proporsi penduduk perkotaannya kurang dari 50%.
Gadis bosnia dengan pakaian tradisionalnya
Muslimah Bosnia Harzegovina
Qasida, yang membaur dengan kultur budaya Bosnia
Tradisi Seni dan Budaya
    Eropa termasuk benua berpenduduk terpadat di dunia, setelah Asia. Penduduk Eropa terdiri berbagai kelompok etnis yang menggunakan sekitar 50 bahasa dan ratusan dialek. Sebagian besar penduduk Eropa memeluk agama Katolik dan Kristen Protestan. Pendidikan di Eropa sangat maju. Universitas tua yang memiliki reputasi tinggi banyak terdapat di negara-negara Eropa misalnya Universitas Cambridge, Edinburg dan Oxford di Inggris serta Universitas Leiden di Belanda. Eropa juga memilikitradisi seni dan budaya yang tinggi. Seni lukis dengan cat minyak, musik klasik, dan tari balet berasal dari benua ini.
 Tarian tradisional Bulgaria
 Tarian Tradisional Albania
 Tarian Tradisional Macedonia
 Tarian Tradisional Hongaria
 Tarian Tradisional Rumania
 Tarian tradisional Rusia
 Pakaian adat etnis Serbia
 Tarian Tradisional Ukraina
Tarian Tradisional Yunani

Sungai Rhein
    Sungai Rhein adalah sungai yang banyak mengaliri negara-negara di Eropa. Sungai ini menjadi batas alami antara Swiss, Liechstenstein, austria, Perancis dan Jerman. Sungai terpenting di kawasan Eropa barat laut ini mengalir sepanjang 1.320 km dan dapat dilayari sejauh 880 km. Sungai Rhein sangat penting bagi kehidupan masyarakat Eropa, khususnya yang tinggal di sekitar sungai ini. Pada tanggal 25 September 1992, kanal Rhein-Main-Donau sepanjang 171 km diresmikan. Kanal ini membuka perairan Eropa Barat bagi kapal dari Eropa Timur dengan ongkos yang lebih murah. Kanal Rhein-Main-Donau tidak dapat dilayari pada musim dingin karena air sungai Rhein membeku menjadi es.

Sumber : Ensiklopedi Umum Untuk Pelajar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.