"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 10 Desember 2016

BURUNG LAUT : PENERBANG DI HABITAT LAUT

   
     Burung laut adalah semua jenis burung yang hidup di dekat laut, dapat terbang melayang di atas ombak, dan mencari makanan di pantai atau menyelam untuk mencari ikan. Termasuk ke dalam kelompok burung laut ini antara lain adalah albatros, camar, petrel, ganet, fregata, skua, guilemot, betet laut, dan penguin. Burung laut biasanya hidup berkelompok dan membesarkan anak-anak mereka di puncak batu karang atau pulau kecil agar dekat ke laut, sebagai tempat mereka dalam mencari makan.

Kelompok burung laut

    Kelompok burung laut meliputi antara lain Procellariiformes (bangsa burung paruh tabung) seperti albatros dan petrel , Pelecaniformes (bangsa pelikan) seperti ganet, burung tropik, pecuk padi dan fregata, Charadiiformes (bangsa burung pengarung) seperti camar, skua, geilemot, dan betet laut, serta Sphenisciformes (bangsa penguin). Kelompok burung laut ini hampir semuanya bertungkai selaput renang, mempunyai bulu kedap air, dan memiliki paruh tajam untuk menjepit ikan yang licin hasil buruannya.
Burung Albatros

Albatros
    Albatros merupakan burung laut pelayang dan memiliki sayap panjang. Ada 14 spesies albatros dan umumnya hidup di selatan khatulistiwa. Karakteristik paling penting pada albatros adalah gaya terbangnya. Mereka dapat melayang berjam-jam tanpa mengepakkan sayap sambil mencari ikan. Albatros memiliki bulu berwarna putih dan cokelat dengan warna cokelat lebih tua pada sayap, punggung dan ekor. Kepalanya besar dan paruhnya berbentuk kait kokoh dengan lubang hidung berhubungan dengan cuping seperti tabung.Mereka hidup berkelompok dan memakan segala macam hewan laut yang dijumpai di permukaan laut.
Burung Patrel

Patrel
    Petrel disebut juga perenang berhidung tabung karena struktur lubang hidung yang panjang, yang merupakan ciri khasnya. Beberapa yang terkenal adalah petrel badai dan petrel penyelam. Petrel badai merupakan burung laut sejati yang hidup dari berbagai macam hewan laut, seperti plangton, ikan dan cumi. Adapun petrel penyelam hanya terdapat di bumi selatan. Makanan utamanya adalah krustasea kecil dan ikan yang diperoleh di dekat pantai.
Burung Ganet

Ganet
    Ganet adalah burung laut besar yang beratnya hampir 3 kg. Sebagian besar waktunya dihabiskan dengan terbang karena hidup dari ikan yang ditangkap dengan tukikan sodok. Ganet hidup berkoloni dan berkembang biak di puncak karang. Kadang-kadang, lebih dari 50.000 ekor ganet bersarang di tempat yang sama.
Burung Camar

Camar
    Camar adalah burung laut perenang dan peterbang yang kuat. Camar lebih banyak terdapat di belahan bumi utara dan kawasan beriklim sedang, dibandingkan dengan belahan bumi selatan atau kawasan tropis. Burung camar sangat agresif dan bersuara berisik. Koloninya sering terbang mengikuti kapal nelayan untuk mencari sisa-sisa ikan.
Burung Skua

Burung Laut Lainnya
    Beberapa jenis burung laut lainnya adalah skua, geilemot, betet laut, burung tropik, fregata, pecuk padi, dan penguin. Skua memilih bangkai, telur dan anak burung laut lainnya. Skua besar bahkan menyerang burung lain saat terbang agar menjatuhkan makanannya yang lalu disambarnya. Guilemot dan betet laut adalah burung penyelam laut, bertubuh buntak dengan sayap pendek. Guilemot berparuh panjang dan runcing, sedangkan betet laut berparuh pendek dan pipih di bagian sisi samping.
Burung Fregata
    Adapun burung tropik berukuran cukup besar dan memiliki banyak persamaan dengan camar. Burung ini memiliki ekortengah sangat panjang dan paruh kokoh yang tajam untuk mencengkeram mangsa. Fregata adalah burung laut bukan perenang yang kemampuan terbangnya kuat. Fregata juga menghabiskan banyak waktunya di udara. Burung pucuk padi merupakan burung penyelam yang berleher dan berparuh panjang. Penguin adalah burung yang tidak dapat terbang. Mereka berenang dengan sayap untuk memburu ikan.
Burung Guilemot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.