"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 23 Oktober 2016

AIR TERJUN : PANORAMA ALAM YANG INDAH

    Air terjun adalah aliran air yang berada di ketinggian dan melewati jeram hingga jatuh bebas ke dasar sungai seperti lereng atau lembah. Aliran air yang mengalir deras di sungai hampir seperti air terjun tetapi lebih rendah disebut riam. Adapun rentetan riam atau air terjun kecil dibalik bebatuan yang landai disebut katarak. Air terjun dan riam terbentuk akibat pengikisan dinding atau dasar sungai yang lunak oleh arus air.
    Air terjun merupakan salah satu pemandangan alam yang indah dan menakjubkan. Bentuk air terjun ada yang bertingkat-tingkat disebut kaskade, yaitu air yang jatuh dari puncak air terjun yang memercikan butiran air. Butiran air yang terkena cahaya matahari akan membentuk bianglala yang indah.
Volume Air
    Selain keindahannya, banyak air terjun yang terkenal karena besarnya volume air yang jatuh dari ketinggian, misalnya air terjun Sigura-gura di Sumatera Utara. Air terjun Sigura-gura ini kemudian dimanfaatkan sebagai pusat pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Air terjun yang terkenal di dunia diantaranya adalah air terjun Niagara (Niagara Falls) yang berada di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Air terjun Niagara terdiri dari dua bagian, yaitu Horseshoe Falls dengan lebar 822 m dan tinggi 53 m serta American Falls dengan lebar 329 m dan tinggi 50 meter.

Terbentuknya Air Terjun
    Air terjun dapat terbentuk dengan beberapa cara. Erosi dan proses geologi bukan satu-satunya faktor yang menciptakan air terjun. Gerak-gerik tektonik sepanjang celah batuan juga menyebabkan terbentuknya air terjun. Selain itu, air terjun dapat terjadi bila aliran air sungai melalui sebuah patahan yang timbul karena peristiwa alam. Air terjun juga dapat terjadi ketika air sungai mengalir dari dasar sungai yang keras melewati dasar yang mudah terkikis. Contohnya, bila air sungai yang mengalir dari bebatuan keras ke batuan lunak, seperti batu kapur, maka batuan lunak akan habis terkikis. Pada awalnya tercipta riam dan ketika pengikisan semakin besar maka terbentuklah air terjun. Banyak juga air terjun yang tercipta akibat gletser. Ketika gletser mencair, airnya mengalir melalui lembah yang dalam dan aliran air tersebut melewati tebing yang curam sehingga terbentuklah air terjun.

Air Terjun Tertinggi di dunia

  1. Salto Angel di Venezuela tinggi 979 m
  2. Tugela di Afrika Selatan tinggi 948 m
  3. Tres Hermanas di Peru tinggi 914 m
  4. Olo upena di Amerika Serikat tinggi 900 m
  5. Vinnufossen di Norwegia tinggi 860 m
  6. Balaifossen di Norwegia tinggi 850 m
  7. Pu'uka Oku di Hawai (AS) tinggi 840 m
  8. James Bruce di Kanada tinggi 840 m
  9. Browne di Selandia Baru tinggi 836 m
  10. Strupenfossen di Norwegia tinggi 820 m

 Angel Falls
Tugela Falls
Tres Hermanas Falls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.