"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Minggu, 02 Oktober 2016

ARKTIK : SAMUDERA YANG TERTUTUP LAPISAN ES

    Arktik adalah wilayah kutub yang luas dan dingin di belahan bumi utara. Kata Arktik berasal dari bahasa Yunani Arktos yang berarti rasi beruang besar di langit sebelah utara. Wilayah ini menjadi tempat tinggal bagi orang Eskimo. Daerah Arktik terletak pada 66o30' LU. Wilayahnya mencakup samudera Arktik dan ribuan pulau-pulau yang terdapat di sekitarnya seperti bagian-bagian Greenland, Kanada, Alaska, Rusia, Finlandia, Norwegia, Swedia, serta Svalbard dan Jan Mayen kepulauan milik Norwegia.
    Daratan-daratan di wilayah Arktik mempunyai permukaan yang sama, yaitu tertutup salju, memiliki cuaca yang dingin dalam jangka waktu yang panjang, serta sungai-sungai, danau-danau dan laut yang membeku sepanjang tahun. Di daratan ini tidak dijumpai pohon-pohon. Jarak waktu antara siang dan malam berlangsung lama.

Permafrost
    Iklim Arktik memiliki karakteristik utama, seperti periode panjang dari temperatur di bawah 0oC serta kelembaban dan presipitasi yang rendah. Musim panas di daerha ini berjalan amat cepat. Pada musim ini, kabut menutupi daratan Arktik. Hal ini disebabkan massa perairan yang lebih hangat di atas permukaan es. Selain itu, wilayah ini juga hampir selalu diterpa angin.
    Di wilayah dingin terdapat beberapa daerah yang tertutup salju abadi yang disebut Permafrost. Permafrost mungkin terbentuk selama atau sesudah zaman es, ketika suhu saat itu lebih rendah daripada suhu sekarang. Sebagian besar daratan utama Artika memiliki danau-danau kecil yang terbentuk dalam lembah-lembah sebagai akibat dari permafrost dan aktivitas glasial. Penguapan di daerah ini lebih rendah dibandingkan daerah-daerah subtropis. Pada musim panas terdapat perairan di permukaan daratan yang kemudian membeku pada musim dingin.

Flora dan Fauna
    Tumbuh-tumbuhan di Arktik memiliki musim tumbuh yang singkat. Pertumbuhan tahunan rata-rata rendah karena cuaca dingin yang panjang. Hanya ada beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh di Arktik dan umumnya tumbuhan tundra seperti lichen, mosse (lumut), rerumputan, dan belukar rendah. Fauna yang ditemukan di Arktik sebagian besar merupakan pendatang selama musimpanas dan kembali ke Selatan ketika musim dingin tiba, meskipun ada juga satwa tetap di wilayah ini. Hewan-hewan yang hidup di Arktik antara lain adalah Karibu, Beruang kutub, Serigala dan Rubah Arktik.

Eskimo
    Daratan Arktik didiami antara lain oleh orang Eskimo, Ural, Komi, dan Samoyed. Penghuni Arktik yang paling banyak adalah orang eskimo. Mereka mampu beradaptasi terhadap lingkungan yang luar biasa sulit dan iklim yang luar biasa keras. Orang Eskimo banyak menggantungkan hidupnya pada mamalia yang mereka buru, seperti Karibu, Beruang kutub, Anjing laut dan Ikan Paus.
 Bongkahan es di Samudera Arktik
 Beruang Kutub di habitat es Arktik yang membeku
Kawasan Arktik yang beriklim ekstrim, dingin dan sunyi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.