"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 22 Oktober 2016

MAGNESIUM : LOGAM ALKALI TANAH BERWARNA PUTIH

    Magnesium adalah logam alkali tanah berwarna putih keperakan dengan lambang kimia Mg. Dalam sistem periodik magnesium terletak pada golongan IIA dan periode 3. Nomor atom magnesium adalah 12 dan massa atom relatifnya 24,31 gr/mol. Magnesium memiliki titik lebur pada suhu 650o C dan titik didih pada suhu 1.107oC.
    Magnesium pertama kali ditemukan oleh Sir Humphry Davy, ahli kimia Inggris, pada tahun 1808. Nama magnesium diambil dari nama sebuah kota di Yunani yang memiliki banyak deposit mineral ini, yakni Magnesia. Magnesium terdapat banyak di kerak bumi, namun tidak dalam bentuk unsur bebas. Senyawa magnesium terdapat dalam berbagai mineral, seperti magnesit, dolomit, dan karnalit. Dalam batu-batuan magnesium membentuk silikat, dan di air laut ataupun air tanah tertentu terdapat dalam bentuk garam, seperti magnesium klorida. Magnesium merupakan salah satu unsur yang penting bagi mahluk hidup.
    
Sifat Magnesium
    Magnesium merupakan logam yang terkenal karena ringan, namun cukup kuat sebagai bahan kontruksi. Logam ini bersifat lunak dan lentur ketika dipanaskan. Magnesium tidak mudah bereaksi dengan oksigen, air, atau logam alkali pada suhu kamar, tetapi bereaksi dengan asam dan sejumlah unsur non logam, misalnya nitrogen, serta mereduksi senyawa banyak logam lain. Saat dipanaskan hingga suhu 800oC, magnesium bereaksi dengan oksigen dan mampu memancarkan cahaya putih yang sangat terang.

Pembuatan Magnesium
    Magnesium dibuat secara komersial dengan beberapa cara dan jarang dibuat di laboratorium.. Logam ini terutama diperoleh dari proses elektrolisis magnesium klorida (MgCl2). Bahan baku yang umum digunakan untuk memproduksi magnesium adalah air laut. Melalui reaksi dengan kalsium oksida (CaO) didapat magnesium klorida. Elektrolisis dan leburan magnesium klorida dengan menggunakan elektoda karbon dan besi akan menghasilkan magnesium murni cair.

Pemanfaatan Magnesium
    Magnesium banyak digunakan dalam berbagai produk. Beberapa aliase magnesium mengandung aluminium dan seng, sehingga membuat magnesium menjadi lebih kuat dan mudah dibentuk. Karena ringan, logam ini digunakan untuk membuat suku cadang pesawat terbang dan mobil. Beberapa industri seperti pabrik baja, menggunakan magnesium untuk menyingkirkan belerang dan pengotoran lain. Magnesium juga cukup kuat dan banyak digunakan sebagai bahan bangunan.
    Magnesium merupakan mineral penting yang dibutuhkan mahluk hidup. Pada tanaman, magnesium menjadi unsur utama pada klorofil (zat hijau daun). Pada manusia 65% mineral ini terdapat pada tulang dan gigi, sedangkan sisanya terkandung dalam darah, cairan serta jaringan darah dan otak. Magnesium juga terkandung dalam beberapa enzim yang membantu produksi energi dan fungsi jantung. Seperti halnya kalium, magnesium sangat berguna sebagai makanan di dalam sel. Magnesium berfungsi mengaktifkan enzim yang berguna untuk metabolisme protein dan karbonhidrat. Selain itu mineral ini juga berguna untuk produksi zat-zat DNA (deoxyribonucleic acid) dan RNA (ribonucleic acid). Mineral ini juga memodulasi aliran listrik di dalam membran sel yang menyebabkan makanan masuk dan keluar sel.
Mineral Magnesium
Magnesium Metal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.