"SELAMAT DATANG DI BLOG EKOGEO"(Pendidikan, Geografi dan Lingkungan)

Sabtu, 29 Oktober 2016

EKINODERMATA : SPESIES BIOTA LAUT YANG BERKULIT DURI

    Ekinodermata (Echinodermata) adalah nama filum dari invertebrata laut yang berkulit duri. Filum yang mencakup sekitar 6.000 spesies ini dikelompokkan dalam beberapa kelas antara lain Asteroidea (bintang laut), Ophiiroidea (bintang ular), Echinoidea (bulu babi atau landak laut), Holothuroiddea (teripang atau ketimun laut) dan Crinoidea (lili laut). Selain sebagai sumber makanan, Ekinodermata juga berfungsi sebagai hewan pemakan bangkai atau pemakan partikel-partikel yang membusuk di laut.
Bulu Babi
    Anggota Ekinodermata, kecuali bulu babi dan teripang, memiliki lima lengan simetris. Hewan ini umumnya memiliki kerangka yang terbuat dari kalsium korbonat. Tubuh Ekinodermata biasanya ditutupi dengan duri yang pendek dan tumpul. Hewan ini banyak ditemukan di dasar laut, di semua kedalaman. Beberapa spesies Ekinodermata berkembang biak secara seksual, sedangkan beberapa spesies yang lain berkembang biak secara aseksual (membelah diri).

Bulu Babi
    Bulu babi berbentuk bulat dan memiliki duri-duri yang panjang. Duri tersebut digunakan untuk menangkap mangsa dan berjalan. Beberapa spesies bulu babi memiliki kelenjar racun yang digunakan untuk mempertahankan diri. Bagian mulut terdapat pada pada salah satu kutub tubuhnya, sedangkan bagian anus terdapat pada kutub yang lain. Mulut bulu babi terdiri dari lima gigi tajam yang didukung oleh lima rangka samping. Bulu babi memiliki kaki tabung sebagai pengisap dan pengeluar air. Dengan alat pengisap ini bulu babi dapat merayap ke atas batu.
Bulu babi

Teripang
    Teripang memiliki tubuh yang lunak dan berbentuk bulat memanjang. Bagian mulut dilengkapi dengan tentakel yang dapat dijulurkan atau ditarik kembali. Beberapa jenis teripang menghasilkan racun, namun beberapa anggota yang lain dapat diolah menjadi makanan. Pada saat ini teripang telah dibudidayakan dan diekspor ke berbagai negara, seperti Jepang dan Hongkong.
Teripang

Bintang Laut
    Seperti namanya, bintang laut memiliki tubuh yang berbentuk seperti bintang dengan lima lengan yang simetris. Permukaan tubuhnya ditutupi oleh duri-duri pendek. Bagian pusat bintang laut terdiri dari sebuah perut dengan mulut di sebelah bawah dan anus di atas. Adapun bagian lengan simetris terdiri dari cabang-cabang syaraf, perut dan saluran air.
Bintang laut

Lili Laut
    Tubuh lili laut berukuran kecil dan berbentuk seperti cangkir. Bagian mulutnya dilengkapi dengan tentakel yang bercabang-cabang yang berfungsi untuk menangkap makanan. Beberapa jenis lili laut memiliki semacam tangkai yang digunakan untuk melekat di dasar laut sehingga terlihat seperti batang pada tanaman.
Lili Laut

Bintang Ular
    Bintang ular memiliki tubuh yang berbentuk seperti cakram kecil dengan lima lengan yang simetris. Organ pencernaan dan reproduksi berada di dalam cakram tubuhnya. Duri-duri pendek hanya terdapat pada bagian samping dari lengan simetris, sedangkan bagian atas dan bawahnya tidak ditutupi dengan duri.
Bintang ular

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf, Blog Ini dibuat dengan konten berbagai sumber untuk menumbuhkan cinta lingkungan pada generasi muda Indonesia baik flora, fauna maupun alamnya dan sama sekali tidak bertujuan komersial.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.